Menjadikan Youtube sebagai PSB Bagi Siswa

Siapa yang tidak kenal dengan namanya "Youtube"? Sebuah portal khusus video ini memiliki banyak sekali koleksi video dari berbagai belahan di dunia. Namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa video di Youtube memiliki konten yang kurang mendidik. Pada artikel ini TEP-Edupreneur akan berbagi bagaimana sih cara mengelolah konten video tersebut untuk menjadi sebuah Pusat Sumber Belajar (PSB).

Menjadikan Youtube sebagai PSB Bagi Siswa
Pasti yang terlintas didalam benak adalah "Bagaimana Menjadi Youtube sebagai Pusat Sumber Belajar?" Youtube adalah sebuah gudang video pengetahuan yang didalamnya mampu untuk kita dapatkan informasi yang beragam dan bermacam-macam.

Memang tidak bisa kita sajihkan secara mentah-mentah kepada pelajar tentang tayangan video yang berada di Youtube. Untuk itu peran sekolah/guru dalam memberikan tayangan yang mendidik sangat diperlukan, maksudnya disini adalah bahwa Youtube hanya memberikan konten video yang selanjutkan dipilih oleh sekolah/guru untuk menentukan layak atau tidaknya sebuah tayangan tersebut di tampilkan.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan sekolah/guru untuk membuat sebuah PSB Sekolah berbasis video Youtube, yaitu:

  1. Sekolah sudah menyiapkan alamat portal khusus yang akan dijadikan sebagai PSB Sekolah, misalnya dengan domain/alamat: video.comedutec.sch.id
  2. Desain website usahakan support untuk Responsive Desain, apa itu? Yaitu sebuah website yang akan otomatis menyesuaikan tampilan website dengan layar pada perangkat mobile/pc. 
  3. Selanjurnya adalah searching, maksudnya disini adalah guru/sekolah melakukan pencarian konten yang sesuai untuk letakan/embed pada website yang sudah kita sediakan tadi.
  4. Usahakah sebelum meletakan konten di web sekolah untuk melakukan penyetingan berikut. Hilangkan tanda centang "Show suggested videos when the video finishes" dan "Show player controls"tujuannya adalah agar siswa tidak bisa melakukan skip dan melihat video lainnya.

Menjadikan Youtube sebagai PSB Bagi Siswa Menjadikan Youtube sebagai PSB Bagi Siswa Reviewed by Unknown on 4:55:00 AM Rating: 5

No comments: