Makala Fungsi Perencanaan dalam Pembelajaran

Setiap organisasi memerlukan sebuah manajemen untuk mengatur kegiatan agar berjalan dengan baik dalam mencapai tujuan secara optimal sesuai dengan yang diinginkan. Manajamen membantu sebuah organisasi  untuk menjalankan sistem kerja yang rasional dalam pencapaian tujuan organisasi, sehingga menghasilkan efektiftas dan efisiensi kerja serta produktivitas dan kepuasan. Untuk mencapai efektivitas dan efisiensi kerja diperlukan suatu manajemen yang baik.

Makala Fungsi Perencanaan dalam Pembelajaran
Gambar: http://1.bp.blogspot.com
Manajemen yang baik memiliki beberapa proses tahapan yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan dan sasaran yaitu, proses perencanaan, pengoorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengkomunikasian, pengawasan dan pengevaluasian. Perencanaan merupakan proses dasar bagi organisasi dalam memutuskan tujuan, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Dalam manajemen, perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa adanya perencanaan,  fungsi-fungsi lain seperti pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tak akan dapat berjalan secara maksimal, terutama dalam menghadapi lingkungan eksternal yang berubah secara dinamis. Sebenarnya fungsi lain seperti pengorganisasian, pengarahan, dan lainnya hanya melaksanakan keputusan-keputusan yang telah diambil dalm proses perencanaan.

Dalam era globalisasi ini, perencanaan harus lebih mengandalkan prosedur yang rasional dan sistematis dan bukan hanya pada intuisi dan dugaan semata serta perencanaan harus  bersifat fleksibel agar mampu bertahan dalam perubahan waktu dimasa yang akan datang. Salah satu maksud dibuat perencanaan adalah untuk melihat program-program yang akan dijalankan untuk meningkatkan kemungkinan tercapainya tujuan-tujuan organisasi di waktu yang akan datang.  

Rumusan Masalah

1.    Apa maksud dan tujuan dari perencanaan?
2.    Apa saja tahapan-tahapan dasar dalam proses perencanaan?
3.    Mengapa perlu dilakukan proes perencanaan dalam manajemen?
4.    Bagaimanakah hubungan Perencanaan dengan fungsi-fungsi manajemen lainnya?
5.    Bagaimana macam-macam tipe perencanaan?
6.    Apa sajakah hambatan-hambatan yang ada pada proses perencanaan?
7.    Bagaimana kriteria penilaian efektifitas perencanaan?

Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan makalah ini yaitu:
1.    Mengetahui maksud dan tujuan dari Perencanaan;
2.    Mengetahui tahapan-tahapan dasar dalam proses perencanaan;
3.    Mengetahui alasan perlunya dilakukan proes perencanaan dalam manajemen;
4.    Mengetahui hubungan Perencanaan dengan fungsi-fungsi manajemen lainnya;
5.    Mengetahui macam-macam tipe perencanaan;
6.    Mengetahui hambatan-hambatan yang ada pada proses perencanaan;
7.    Mengetahui kriteria penilaian efektifitas perencanaan.
 

Pengertian dan tujuan dari Perencanaan

a.    Pengertian Perencanaan
Perencanaan adalah proses dasar dimana manajemen memutuskan tujuan dan cara mencapainya. Pemilihan sekumpulan kegiatan dan pemutusan selanjutnya apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana, dan oleh siapa itu dilakukan pada proses perencanaan.  Perencanaan harus mempertimbangkan kebutuhan fleksibilitas, agar mampu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi secepat mungkin. Salah satu aspek penting perencanaan adalah pembuatan keputusan, proses pengembangan dan penyeleksian sekumpulan kegiatan untuk memecahkan masalah tertentu.

b.    Tujuan Perencanaan
Menurut Stephen Robbins dan Mary Coulter, (1) untuk memberikan pengarahan baik untuk manajer maupun karyawan nonmanajerial dalam bekerja, (2) untuk mengurangi ketidakpastian, (3) untuk meminimalisir pemborosan dan (4) untuk menetapkan tujuan dan standar yang digunakan dalam fungsi selanjutnya.

Makala Fungsi Perencanaan dalam Pembelajaran Makala Fungsi Perencanaan dalam Pembelajaran Reviewed by Unknown on 10:41:00 PM Rating: 5

No comments: